Iklan Tengah Artikel 2

Tips Memulai Blogging Untuk Pemula Banget

hpk
Punya blog itu asyik karena kita bisa nulis sesuatu yang kita pikirkan dan membaginya ke jutaan orang melalui internet gan. Buat sebagian orang blogging itu hanya sebuah hobi ( gw banget ) dan buat sebagian lagi blogging itu merupakan sebuah pekerjaan bener gak gan? Untuk menjadi seorang blogger sebenernya gak susah-susah amat, yang penting punya ide buat bisa dituangkan menjadi sebuah karya tulis beres gan.


Buat loe yang mungkin baru ingin memulai blogging, kali ini gw punya sedikit tips. Tips ini semuanya dari pengalaman gw aja selama ngeblog gan. Yang namanya pemula wajar kalau gak begitu ngerti tentang dunia perbloggingan. Oleh sebab itu kita harus terus belajar dan belajar gan. Gw aja ampe sekarang masih terus belajar biar bisa jadi blogger yang profesional ( cita-cita ).

Dari ngeblog banyak keuntungan yang bisa kita dapet, diantaranya jadi punya banyak temen, menambah pengetahuan dan bisa menghasilkan duit juga gan. Kita langsung aja ke topik utama, berikut ini gw bakal share tips memulai blogging untuk pemula banget gan. Inget untuk pemula banget, kalau loe udah senior silahkan aja di baca-baca siapa tau berguna gan.



Tips Memulai Blogging Untuk Pemula Banget




Sebelum memulai blogging tentu harus punya blog, kalau belum punya ya buat dulu gan. Banyak platform blog gratis yang bisa loe pake misal Blogger, Wordpress, Tumblr, TypePad dan masih banyak lagi, silahkan dipilih sesuai selera aja gan. Kalau mau buat blog di Blogger bisa baca tutorial membuat blogspot.

Kalau buat blog usahain namain blognya yang unik, menarik dan gak terlalu panjang. Misal pake nama loe aja gak masalah atau nama yang ada kaitannya sama topik blog yang bakal loe buat gan. Udah buat blog sekarang lanjut ke tips-tipsnya, cek it dot gan.


1. Tujuan Dan Topik



Tentuin apa tujuan loe blogging misal cuma buat fun, hobi, cari duit atau yang lainnya. Ini penting karena biar kedepannya loe bisa jadi seorang blogger yang jelas dan fokus gan. Maksudnya loe gak bakal berubah-rubah haluan dan ngikut-ngikutin orang laen. Kalau cuma ngikutin orang laen gak bakal sukses, karena setiap blogger punya kelebihan sendiri-sendiri gan.

Tujuan udah jelas sekarang tentuin topik blog loe gan. Sebaiknya topik blog sesuai sama hobi atau hal-hal yang loe sukai. Alasannya sederhana aja karena loe bakal lebih mudah dapet ide buat nulis postingan. Buat blogger ide menarik itu yang paling susah dicari gan. Selain itu kalau loe buat blog yang ada hubungannya sama hal-hal yang disukai, itu bakal bikin loe ngerasa lebih enjoy dan semangat ngelola blognya jadi bakal gak ada matinya gan.


2. Menulis Postingan



Udah punya blog dengan tujuan dan topik yang jelas, sekarang saatnya memulai menulis postingan gan. Sebelum mulai nulis, loe pasti pengen kelak postingan yang dibuat bakal dibaca banyak orang ya kan gan. Untuk itu loe perlu cari tau apa yang disukai dan menarik perhatian orang. Cara sederhana aja loe search di Google, ide menarik yang bakal loe tulis. Dari situ loe bakal tau berapa jumlah blog yang udah buat postingan tentang ide tersebut gan.

Manfaatin Google Keyword juga buat nyari tau jumlah orang yang mencari dan tingkat persaingan kata kunci gan. Ini penting karena sebagai pemula loe gak bakal bisa langsung ngalahin blogger-blogger senior dan nembus halaman depan Google semua butuh waktu gan. Jadi awalai dari yang tingkat persaingannya gak terlalu tinggi gan.

Buat postingan yang semenarik mungkin, usahain pake gambar kalau buat postingan karena " sebuah gambar lebih bermakna dari pada ribuan kata-kata " gan, memberi manfaat buat yang baca, bahasanya mudah dimengerti ( tulis sesuai gaya loe jangan ikut-ikutan orang ), jangan terlalu mikirin SEO ( gak penting buat pemula banget ), sering-sering update postingan biar blog loe di indexnya cepet sama Google juga bikin Alexa rank semakin bagus dan menulislah dengan tulus pasti hasilnya bakal maknyus gan.

Jangan pernah buat postingan yang gak sesuai dengan fakta alias nipu gan. Dan satu kesalahan seorang pemula biasanya seneng copas postingan orang laen, dengan tujuan biar isi postingan blog jadi banyak. Buat apa gan isi blog loe banyak tapi gak menarik dan cuma hasil copas?

Kunci sukses sebuah blog ada pada isi postingannya gan. Isi yang menarik selain disukai sama pengunjung juga bakal bikin postingan tersebut ada di halaman depan Google. Ini fakta bukan mimpi, silahkan dibuktikan sendiri gan.


3. Mencari Sesuatu ( Inspirasi )



Nyari sesuatu apaan ni gan? gini gan maksudnya mencari sesuatu itu loe sering-sering berkunjung ke blog orang laen istilah kerennya Blogwalking terutama blog-blog yang top, keren dan jumlah pengunjungnya banyak. Tujuannya ya buat mencari sesuatu yang berguna untuk kemajuan blog loe. Pertama amati gimana cara yang punya blog itu menyampaikan isi postingannya, terus desain blognya dan hal-hal menarik lainnya, yang kirannya nanti bisa jadi inspirasi dan diterapkan di blog loe gan.

Beda kalau loe udah senior gak perlu ngelakuin hal beginian sering-sering, karena orang laen yang bakal blogwalking ke blog loe gan. Coba aja loe cek mana ada blogger senior blogwalking kesana kemari terus ninggalin komen di blog orang laen, jarang banget kan. Bukannya mereka sombong tapi mereka udah punya pendirian dan fokus ke blognya sendiri gan.

Saat berkunjung ke blog orang laen kalau loe ngerasa dapet inspirasi, ada baiknya loe ninggalin komen gan. Buat komentar yang biasa aja gak pake ninggalin link-link segala, belajar jadi blogger yang punya tata krama biar loe dihargai sama temen-temen blogger yang laen gan. Boleh aja ninggalin link tapi jangan sering-sering dan jangan pake link hidup gan.


4. Target ( Rangking & Pengunjung )



Dalam membuat dan melakukan sesuatu tentu kalau punya target tinggi itu bagus banget gan. Disini sebagai seorang blogger pemula banget, saran gw jangan pasang target yang terlalu tinggi. Misal blog gw harus ada di urutan no 1 Google dan bisa ngalahin blognya si A, si B dll. Ini motivasi yang bagus sebenernya tapi loe juga harus sadar dan realistis kalau loe sebagai pemula butuh waktu untuk bisa mencapai itu semua gan.

Gak usah mikirin posisi di pencarian, tetep fokus buat postingan yang menarik dan kedepannya bakal di baca banyak orang. Dengan begini tanpa disadari apa yang menjadi harapan loe bakal tercapai dengan mudah gan. Jangan sering-sering ngecek posisi postingan di pencarian, karena kalau posisinya jelek bakal bikin semangat loe drop, biarin aja om Google bekerja membawa postingan loe ke posisi teratas dengan syarat isi postingan loe unik dan menarik gan.

Jangan juga terlalu mikirin jumlah pengunjung ke blog loe gan. Hal yang sangat wajar kalau blog baru jumlah pengunjungnya sedikit. Jadi gak usah dibawa stres kalau blog loe sepi, tetep semangat buat sesuatu yang menarik dan yakin sama apa yang loe buat. Dengan begitu tanpa loe sadari kedepannya pengunjung blog loe bakal meningkat dan semakin ramai gan. Gak ada yang mustahil di dunia perbloggingan gan.



5. Sosialisasi ( Promosi )



Ini salah satu hal yang paling penting buat ningkatin jumlah pengunjung dan popularitas blog loe gan. Mensosialisasikan blog loe melalui media sosial ke temen-temen atau orang-orang yang loe kenal gan. Jangan pernah merasa malu mempromosikan blog loe, PD aja sama hasil karya loe gan. Karena ini salah satu cara yang ampuh buat menarik perhatian pengunjung terutama buat blog pemula banget.

Beda kalau loe udah senior, gak perlu promosi pasti blog loe bakal banyak yang ngunjungin gan. Karena blog yang udah lama dan bagus udah punya pengunjung setia dan tetap gan. Juga para blogger senior punya trik masing-masing buat ningkatin jumlah pengunjungnya gan. Jadi buat pemula banget loe harus terus mempromosikan blog baru yang udah dibuat gan.

Tapi ada metode-metode promosi yang harus loe usahain untuk dihindari gan. Di antaranya submit postingan ke sosial bookmark, blog direktori dan artikel direktori. Alasannya karena banyak sosbook, blog direktori, maupun artikel direktori yang kualitasnya buruk gan. Jangan awali blog baru loe dengan hal-hal yang gak berkualitas gan. Mending loe join di forum buat nyari temen dan secara bertahap loe bisa mempromosikan blog loe, tapi jangan mengumbar link terutama link hidup dimana-mana gan.


6. Desain & SEO



Kenapa gw taruh desain dan SEO di bagian belakang? karena yang namamnya pemula kalau udah ngomongin desain sama SEO bakal lupa segalanya. Biasanya blogger pemula seneng banget ngutak-atik desain blognya, bahkan lebih fokus ngurusin desain dari pada buat postingan bener gak gan? Jadi usahain jangan terlalu mikirin desain blog, karena seiring dengan waktu loe bakal bisa bikin tampilan blog yang keren dan profesional gan.

SEO itu memang salah satu elemen penting biar blog yang loe buat bisa ada di halaman depan Google gan. Dimana-mana semua orang ngomongin SEO buat ningkatin rangking blog di mesin pencari. Tapi loe sebagai pemula ada baiknya jangan terlalu mikirin yang namanya SEO karena ini bisa bikin loe bingung gan. Jadi setiap mau buat postingan loe bakal kebayang-bayang yang namanya SEO.

Ini bisa bikin hasil postingan loe gak maksimal karena terlalu mikirin SEO, ngerasa serba salah dan terjebak dengan yang namanya SEO. Jujur ampe sekarang gw gak pernah terlalu mikirin SEO kalau buat postingan, yang gw pikirin cuma gimana postingan gw biar dibaca dan disukai banyak orang gan.

Tujuan utama kita nulis postingan untuk pengunjung bukan mesin pencari gan. Si om Google pun nyaranin kita buat ngelakuin hal ini gan. Untuk urusan SEO buat pemula sebaiknya lakuin hal-hal dasar aja misal memasang meta tag kalau pake Blogger, terus penempatan kata kunci di judul postingan dan submit blog loe ke Google Webmaster Tool sama tambahin Google Analystic di blog ( tutorialnya cari di Google ) gan. Seiring waktu loe bakal lebih mengerti dan memahami gimana SEO itu gan.


7. Belajar



Ini tips terakhir buat pemula banget yakni belajar gan. Kalau kita pengen pinter ya harus belajar bener kan gan. Jangan pernah takut buat belajar tentang hal-hal yang berkaitan dengan dunia blogging gan. Awali buat belajar hal-hal dasar tentang kode HTML, karena kode HTML merupakan elemen dasar sebuah blog terutama di Blogger. Jadi kedepannya loe bakal lebih mudah buat ngedit-ngedit blog gan.

Belajar juga hal-hal dasar tentang SEO lalu secara bertahap loe coba praktekan. Karena SEO itu harus dipraktekan buat ngetahui berhasil apa gak gan. Gw gak bakal bahas SEO terlalu jauh disini, loe bisa baca postingan gw tentang tips SEO untuk pemula gan.

Selain belajar kedua hal di atas loe juga harus belajar dari blogger laen gan. Jangan pernah malu buat bertanya, kalau emang gak enak nanya lewat kotak komentar loe bisa email yang punya blog. Semakin banyak loe belajar semakin bertambah kemampuan yang loe miliki gan.



Itulah tips-tips yang bisa dipertimbangkan buat memulai blogging untuk yang pemula banget gan. Sebelum gw akhiri ini ada beberapa tips sederhana tentang hal-hal yang harus loe hindari dalam blogging untuk pemula banget, berikut ini tipsnya gan :

  • Hindari pakai widget yang berlebihan, selain bikin berat blog juga bikin tampilan blog gak karuan.
  • Memoneytize blog, jangan terlalu banyak pasang banner iklan kalau bisa gak perlu pasang iklan dulu. Biarin blog loe umurnya agak lama dan pengunjungnya mulai rame baru pasang iklan gan. Sederhana aja, blog yang baru tentu gak punya nilai jual yang tinggi kalau di banding blog yg umurnya udah lama. Kalau mau dapet duit dari iklan harus sabar gan.
  • Jangan menonaktifkan fitur komentar, karena loe sebagai blogger harus deket sama pengunjung blog. Tanpa mereka blog yang loe buat gak akan ada artinya gan.
  • Tukeran link sama blog yang gak relevan, biasanya pemula seneng banget tukeran link dan ngerasa bangga kalau punya banyak link dari blog laen ya kan gan? Hati-hati ini melanggar aturan dari Google, kedepannya loe pasti bakal ngerti gan.


Sekian dulu yang bisa gw share kali ini, semoga bermanfaat buat kalian yang ingin memulai blogging terutama bagi pemula banget. Inget juga buat ninggalin komentar di bawah ya, gak usah malu-malu gan.
    the cheapest car insurance cost of car insurance best car insurance quotes insurance auto insurance quotes car get car insurance quotes online car insurance agent instant car insurance quote car insurance websites direct car insurance insure a car motor car insurance quote cheap car insurance online quotes for car insurance car insurers commercial car insurance motor insurance quote car insurance quotes online get a quote online international health insurance compare car insurance quotes insurance for car compare car insurance car insurance buy life insurance online compare auto insurance international medical insurance general car insurance cheap motor insurance low car insurance car insurance comparison company car insurance budget car insurance private health insurance online quote car insurance cheap motor car insurance car insurance for new drivers cheap car insurance quotes online online car insurance quotes get car insurance quotes car insurance quotes comparison motor car insurance car insurance quotes car insurance cheap comprehensive car insurance best auto insurance short term health insurance motor insurance cheap online car insurance online motor insurance quotes car insurance california buycarinsurance online vehicle insurance free car insurance quotes landlord insurance health insurance for children motorbike insurance monthly car insurance car insurance usa car insurance reviews car insurance renewal quotes vehicle insurance health insurance rates term life insurance quotes vehicle insurance quotes car insurance compare motor vehicle insurance best car insurance motor insurance online quote car insurance online quote life insurance online supplemental health insurance best car insurance rates car insurance discounts motor vehicle insurance quotes auto insurance cheap travel insurance bike insurance travel medical insurance buy car insurance online online motor insurance travel insurance quote get a quote for car insurance health insurance agent car insurance companies cheap car insurance companies travel insurance annual travel insurance commercial vehicle insurance permanent life insurance medical insurance quotes online car insurance cheap car insurance quotes car insurance online quote insurance online level term life insurance health insurance comparison how much is car insurance travel health insurance pet health insurance quotes on cars health ins travel insurance uk quote for car insurance get insurance quote online disability insurance quote temporary health insurance temporary insurance rental car insurance cheap health insurance auto insurance compare third party car insurance buy health insurance auto insurance quotes cheap insurance companies best term life insurance personal health insurance online quote insurance car insurance premium health insurance policies quotes for cars whole life insurance credit insurance cheap van insurance cheap term life insurance cheap motorcycle insurance compare life insurance car insurance cover health insurance motorcycle insurance short term car insurance health insurance coverage insurance qoute cheap life insurance house insurance quote car insurance uk health insurance companies cigna health insurance cheap insurance cheap car insurance uk compare health insurance car insurance for young drivers short term insurance online health insurance caravan insurance life insurance comparison direct insurance health insurance plans motor insurance online car insurance estimator accident insurance home insurance quotes nj car insurance new car insurance private medical insurance home insurance car insurance brokers car insurance rates commercial insurance health insurance quotes motor insurance companies which car insurance car quotes online online auto insurance flood insurance cheap auto insurance quotes car insurance agencies business health insurance term life insurance truck insurance professional indemnity insurance life insurance car insurance policy long term care insurance drive insurance buy insurance car ins motorcycle insurance quote critical illness insurance term insurance student health insurance home insurance comparison insurance rates insurance cover holiday insurance insurance sites online vehicle insurance quotes company website home insurance rates compare insurance buy insurance online affordable medical insurance car insurance coverage product liability insurance home contents insurance buy life insurance renters insurance group health insurance family health insurance motor insurance quote online mortgage insurance best home insurance personal insurance medical insurance property insurance life insurance agent group insurance aetna health insurance cheap medical insurance liability insurance rental insurance life insurance policy group life insurance general liability insurance insurance quotes online all car insurance companies best health insurance insurance plans life insurance for seniors van insurance website quote universal life insurance building insurance co insurance insurance car car insurance prices disability insurance insurance vehicle cheap vehicle insurance senior life insurance medical insurance plans insurance health house insurance life insurance quotes car quotes cheap home insurance

    0 Response to "Tips Memulai Blogging Untuk Pemula Banget"

    Post a Comment

    Iklan Atas Artikel

    Iklan Tengah Artikel 1

    Iklan Tengah Artikel 2

    Iklan Bawah Artikel

    close
    [ klik disini 1X ] [ close ]