Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Iklan Tengah Artikel 2

Cara Mengatasi Internal Server Error 500 Wordpress

Internal Server Error 500 yang kita liat di browser saat mau buka dashboard atau blog Wordpress. Waduh kenapa nih? Bingung harus gimana, jalan satu-satunya ya browsing di Google cari tau cara mengatasi internal server error 500.


Gw pernah juga ngalamin hal beginian gan, pas baru-baru pertama gw kenal yang namanya Wordpress self hosting. Bingung banget gan, apa lagi pas itu gw lagi banyak project yang mau dibuat di blog. Browsing sana sini nyari cara buat ngatasinya. Tapi semua gak berhasil gan, stres gw sampe-sampe gw kontak owner web hostingnya, kebetulan dia temen gw. Harusnya gw kontak csnya tapi malah gw kontak ownernya saking bingungnya gan. :)

Loe juga ngalamin hal yang sama gan? Kalo iya, di posting kali ini gw share cara ngatasin ni masalah gan. Banyak cara buat ngatasinya silahkan di coba satu-persatu.



Cara Mengatasi Internal Server Error 500 Wordpres


  • Pertama kalo masalah internal server error cuma terjadi saat loe buka blog tapi gak terjadi di WP admin dashboard. Yang harus loe lakuin coba nonaktifin semua plugin Wordpress loe dengan cara centang tulisan plugin terus rubah pilihan jadi deactive dan klik apply. Abis itu aktifin lagi satu persatu. Cek tu plugin mana yang nyebabin error, kalo udah ketemu loe nonaktifin lagi ato delete aja tu plugin.

  • Kalo cara di atas gak mempan, sekarang coba login ke cPanel hosting loe cari file manager. Trus buat file php.ini ( bisa juga buat dari FTP Client dari komputer kalian ) kalo filenya udah ada tinggal di edit aja gan. Inget extensinya .ini bukan .ini.txt. Filenya gini gan :  
memory_limit = 20Mb atau memory_limit = 64Mb 

    • Bisa juga kayak gini gan :
      register_globals off
      register_globals = 0 
      memory_limit = 64Mb 
      • Kalo udah tinggal di save dan coba buka blog kalian.
        • Belum bisa juga gan, pake cara lain lagi jangan putus asa. Balik lagi ke cPanel gan, cek semua file permissions pastiin untuk file 664 dan directory 755. Kalo udah bener semua cek lagi blognya udah bisa belom gan?
         Info aja gan : 4 = Read, 5 = Read/Exec, 6 = Read/Write, 7 = Read/Write/Exec.

        • Masih gak bisa juga, waduh lanjut cara ini gan. Ke cPanel lagi lalu file manager cari file .htaccess rubah jadi .htaccess.txt ato bisa juga di edit file .htaccess nya gan ( inget backup file .htaccess nya sebelum di edit gan ), tambahin file dibawah ini di bagian atasnya gan :
        AddType x-mapp-php5 .php
        AddHandler x-mapp-php5 .php
        • Jadi filenya bakal kayak gini :
        AddType x-mapp-php5 .php
        AddHandler x-mapp-php5 .php

        # BEGIN WordPress
        <IfModule mod_rewrite.c>
        RewriteEngine On
        RewriteBase /wordpress/
        RewriteCond %{REQUEST_FILENAME} !-f
        RewriteCond %{REQUEST_FILENAME} !-d
        RewriteRule . /wordpress/index.php [L]
        </IfModule>

        # END WordPress 
        • Lalu save tanpa ekstensi .txt gan dan coba buka lagi blog loe mudah-mudahan udah gak error lagi.
        • Cara di atas bisa juga dengan edit .htaccess terus hapus semua isinya lalu save, bisa juga upload .htaccess kosong dari komputer gan. Cek lagi blognya udah gak error lagi apa gak. Dengan cara gini loe harus seting ulang struktur permalink di WP gan biar blog loe normal lagi.
        • Kalo masih gak bisa coba cek error log yang ada di file manager gan cari tau disana apa aja yang bikin error.

        Semua cara di atas udah di coba tapi masih tetep gak bisa, berati nasib loe apes gan sama kayak gw dulu. Gak usah bersedih yang harus loe lakuin cuma nunggu karena server hosting loe lagi down gan. Gw aja nunggu ampe 10 jam ada yang ampe seminggu lagi gan. Intinya sabar and sabar gan. Kalo mau bisa juga kontak CS web hosting loe tanyain kenapa website loe error gan.


        Sekian dulu tips cara mengatasi internal server error 500 nya gan semoga bisa membantu loe ngatasin masalah tu error. Gunain cache plugin buat meminimalisasi eror yang kayak begini gan. Silahkan share juga kalau punya pengalaman atau tips lain buat ngatasin internal server error disini. Good luck gan...

          Post a Comment for "Cara Mengatasi Internal Server Error 500 Wordpress"

          https://disrespectpreceding.com/xeus3e5yb9?key=dce438a4969ffa873a135f8bf7e30d21