Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Iklan Tengah Artikel 2

Hati-hati! Sakit Tenggorokan Sebelah Kiri Tidak Boleh Disepelekan

Sakit tenggorokan bukanlah jenis penyakit serius sehingga seringkali diabaikan. Namun ketika tenggorokan bermasalah, pasti rasanya sangat mengganggu dan jadi sulit melakukan berbagai aktivitas. Terlebih jika hanya sakit tenggorokan sebelah kiri saja.

Supaya tidak mengalami gangguan tersebut, cobalah hindari beberapa penyebab sakit tenggorokan sebelah berikut ini.

Penyebab Sakit Tenggorokan Sebelah Kiri Saja


1. Penumpukan lendir


Penyebab sakit tenggorokan sebelah kiri yang pertama adalah akibat lendir yang menumpuk di area belakang hidung. Kemudian lendir tersebut menetes sampai ke dalam tenggorokan, sehingga menimbulkan rasa yang kurang nyaman.

Umumnya kondisi seperti ini terjadi pada saat Anda terkena infeksi virus atau rhinitis alergi. Jika dibiarkan begitu saja, maka tenggorokan akan tersumbat dan membuat Anda batuk-batuk. Gejala sakit tenggorokan sebelah dalam kondisi ini umumnya terjadi di pagi hari setelah bangun tidur.

Solusinya adalah dengan mengobati penyebabnya. Misal karena alergi, maka yang harus diobati adalah alerginya. Sedangkan untuk penanganan gejalanya, Anda bisa konsumsi obat pengencer lendir.

2. Amandel bengkak


Setiap orang memiliki dua buah amandel (tonsil) yang tepat berada di belakang lidah pada sisi kanan dan kiri tenggorokan. Amandel bengkak akan sangat mengganggu karena pasti membuat tenggorokan ikut terasa sakit. Kondisi ini bisa terjadi karena infeksi virus dan bakteri.

Pada kebanyakan kasus, pemicu radang amandel yang menyebabkan sakit tenggorokan sebelah kiri adalah virus. Sebagai langkah pengobatannya, Anda bisa meminta resep dokter untuk menghilangkan rasa nyeri di tenggorokan. Jika ingin lebih praktis, berkumurlah dengan air garam.

3. Infeksi bakteri


Infeksi bakteri terkadang bisa menimbulkan masalah yang lebih parah ketimbang infeksi virus. Salah satu masalah yang kerap terjadi adalah abses peritonsil, kondisi di mana seeorang terkena infeksi bakteri yang berbentuk benjolan. Isi benjolan tersebut adalah nanah sehingga rasanya sakit jika ditekan.

Benjolan abses peritonsil ini bisa muncul di salah satu amandel, sehingga membuat tenggorokan sakit di satu sisi saja. Abses peritonsil seringkali menjangkit anak-anak, remaja dan orang dewasa, tetapi jarang ditemukan pada manula.

Cara penanganannya adalah dengan membuang nanah yang ada di benjolan tersebut. Bisa dengan membuat sayatan kecil atau menggunakan jarum, agar nanah bisa mengalir. Setelah abses kering, biasanya dokter akan memberi resep antibiotik bagi penderitanya.

4. Radang kerongkongan


Penyakit radang kerongkongan atau juga disebut laringitis adalah kondisi pembengkakan yang mengganggu area pita suara. Jadi jangan heran jika penderita radang tenggorokan akan mengalami perubahan suara menjadi serak.

Hal ini terjadi karena pita suara mengalami iritasi. Akibatnya bisa beragam, misalnya terlalu sering digunakan untuk berteriak, bernyayi atau terserang virus. Selain suara menjadi serak, gejala lainnya adalah tenggorokan juga terasa nyeri di salah satu sisi saja.

Laringitis ini bisa sembuh dengan sendirinya, namun butuh waktu hingga 2 minggu atau lebih. Jika Anda mendapati laringitis lebih dari sebulan, maka itu sudah masuk dalam taraf kronis. Dibutuhkan penanganan khusus tergantung pada apa penyebabnya.

5. Kelenjar getah bening bengkak


Gejala pembengkakan kelenjar getah bening ini mirip seperti ketika mengalami radang tenggorokan. Yang membuat tenggorokan hanya sakit di satu sisi adalah karena terkadang kelenjar yang terinfeksi hanya di satu sisi saja.

Bedanya dengan radang tenggorokan biasa, pembengkakan kelenjar getah bening ternyata bisa menandakan adanya penyakit tertentu. Misalnya seperti penyakit kanker atau bahkan HIV.

Apabila Anda merasakan salah satu dari gejala sakit tenggorokan sebelah kiri, sebaiknya segera periksa ke dokter. Ini bertujuan untuk mengantisipasi terjadinya kondisi yang lebih parah lagi jika ternyata penyebabnya adalah penyakit serius. 

Post a Comment for "Hati-hati! Sakit Tenggorokan Sebelah Kiri Tidak Boleh Disepelekan"

https://disrespectpreceding.com/xeus3e5yb9?key=dce438a4969ffa873a135f8bf7e30d21