Skip to main content

Cara Mudah Mengatasi Android Yang Lemot

Smartphone android kamu semakin lama terasa melambat kinerjanya,sebenarnya hal ini cukup wajar terjadi ,apabila smartphone sudah cukup lama di pakai,lalu apa yang bisa di lakukan untuk mengatasi masalah tersebut,berikut beberapa cara yang mungkin bisa di lakukan untuk mengembalikan kinerja smartphone android kesayangan kamu.

1.Hapus atau nonaktifkan aplikasi tidak penting.

Seringkali mengunduh aplikasi tanpa memikirkan seberapa penting aplikasi tersebut,ada baiknya cek kembali aplikasi-aplikasi di smartphone kamu,mana yang penting dan mana yang tidak pernah di pakai,hapus atau non-aktifkan aplikasi yang tidak penting/tidak pernah di pakai dari smartphone kamu.

2. Hapus Cache Data

Fungsi Cache adalah  menyimpan data temporer secara lokal,dengan cache sistem bisa mengurangi waktu loading untuk mengambil data dari internet ketika mengakses sebuah situs web atau aplikasi.
Sayangnya Cache yang menumpuk dapat menjadi cukup berat bagi penyimpanan internal serta membebani Prosesor dan RAM yang bisa berdampak pada kinerja ponsel,coba bersihkan cache secara rutin .

3. Kosongkan Memori Internal

Mempunyai banyak file lagu,video dan lainya, sebaiknya hindari menyimpan file di memori internal karena bisa mempengaruhi kinerja ponsel pastikan memori internal hanya untuk menyimpan file yang benar-benar penting.

4. Minimalkan Memasang Widget

Sebaiknya batasi penggunaan widget ,pakai widget yang benar-benar penting saja, penggunaan widget dapat mempengaruhi kinerja ponsel karena widget akan terus mencari udpate.

5.Jangan Gunakan Live Walpaper

Selain mempengaruhi kinerja live wallpaper juga akan cepat menguras daya baterai ponsel.

6.Update software

Selalu update software smartphone kamu ke versi terbaru ( jika tersedia) untuk memperbaiki/menghilangkan bugs di smartphone kamu. 

7.Rooting

Melakukan rooting bisa juga di lakukan untuk mendongkarak kinerja smarhone kamu,banyak keuntungan yang bisa di lakukan dengan meng-root smartphone kamu,perlu di ketahui root ponsel juga ada kerugian dan resikonya seperti batalnya garansi,berhentinya dukungan update software dari vendor dan dalam proses rooting adakalanya berjalan tidak sesuai harapan dimana bisa menyebabkan kerusakan,untuk langkah ini sebaiknya di pertimbangkan baik-baik tentang resiko dan manfaatnya utamanya bagi pengguna awam.

8. Factory reset

Ini merupakan cara paling ampuh dan mudah untuk mengembalikan performa smarphone kamu,smartphon akan kembali seperti pertama kamu beli,konsekuensinya semua data yang tersimpan di ponsel akan hilang pastikan di buatkan backup terlebih dahulu jika ingin mereset ponsel kamu.


Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar