Skip to main content

Pilih Blogger Atau Wordpress? Mari Bandingkan

Pilih Blogger atau Wordpress? mungkin pertanyaan ini yang lagi ada di pikiran loe kan gan. Memilih itu memang hal yang sulit dilakukan di dalam hidup kita. Belum tentu yang menurut loe terbaik itu juga terbaik buat orang lain. Jika kita berbicara mau pilih yang mana antara Blogger atau Wordpress itu pun susah ditentukan.

Kali ini gw bakal memberikan ulasan tentang kedua platform gratisan untuk blogging ini agar loe bisa nentuin mau pilih yang mana. Sebenernya keduanya sama-sama bagus dan terbaik namun memiliki keunggulan dan kelemahan masing-masing. Memilih antara Blogger atau Wordpress itu sebenarnya tergantung dari tujuan yang ingin kita capai gan. Kalau gw sih saat ini pake keduanya baik untuk blogging maupun bisnis online. Biar lebih jelas agar nanti di akhir loe bisa nentuin mau pilih yang mana langsung aja gw bahas dibawah ini.


Pilih Mana Blogger Atau Wordpress?



Seperti yang gw jelasin di atas pemilihan ini semua tergantung dengan tujuan dan gak lepas juga dari selera. Menurut gw rata-rata orang yang sekarang menggunakan Wordpress sebelumnya pasti pernah menggunakan Blogger gan. Bukan berarti mereka gak puas dengan Blogger tapi mereka memilih Wordpress karena ingin sesuatu yang lebih. Ow iya yang kita bandingkan kali ini adalah Wordpress dengan hosting sendiri atau self hosting bukan wordpress.com gan. Berikut gw kasi alasan kenapa harus pilih Blogger atau Wordpress sesuai dengan pengalaman bukan nebak-nebak.

Gw Pilih Blogger Karena


1. Blogger itu GRATIS, keluar duit paling buat ganti domain.
2. Blogger paling bagus buat Blogging yang sifatnya buat have fun bukan money oriented.
3. Blogger gampang pakenya buat ngemodifnya juga gampang.
4. Blogger optimasinya gampang cuma nambahin meta tag di template.
5. Blogger templatenya yang bagus dan premium rata-rata gratis.
6. Blogger jarang sekali error bahkan gak pernah kalau dibuka blognya.
7. Blogger keamananya terjamin dan sangat susah dibobol jadi blog gw aman.

Gw Pilih Wordpress Karena


1. Wordpress bikin gw lebih berkembang dalam dunia blogging maupun internet marketing.
2. Wordpress juga gratis tapi bagusnya sewa hosting berbayar dan pake domain sendiri.
3. Wordpress punya banyak plugin keren ada gratis maupun berbayar.
4. Wordpress optimasinya lebih gampang dengan plugin.
5. Wordpress bagus buat cari duit di internet semisal affiliate marketing.
6. Wordpress itu open source jadi banyak tempat buat gw cari ide ngemaksimalin kinerjanya.
7. Wordpress gak akan pernah dihapus kecuali hsoting atau domain loe habis.


Itulah beberapa alasan gw pilih Blogger atau Wordpress gan, jadi semua tergantung kebutuhan. Intinya kalo loe pemula banget dan pengen buat blog gw saranin pake Blogger dulu. Selanjutnya kalo loe mau maen affiliate marketing lebih bagus pake Wordpress karena akan lebih maksimal hasilnya. Sedangkan kalo loe mau buat toko online ini 50:50 loe bisa pake Blogger atau Wordpress terserah sesuai selera. Gw ga akan membahas masalah kekurangan dari kedua platform ini karena gak baik menurut agama :p.

Banyak yang berpendapat kalo Wordpress SEOnya lebih bagus dari pada Blogger, secara garis besar iya benar tapi semua itu tergantung dari yang punya apa dia paham SEO atau gak serta isi web atau blognya berkualitas gak. Gak ada istilah kalo loe pake Wordpress terus blog loe bakal muncul di halaman pertama, buang jauh-jauh omong kosong itu gan. Memang peluang loe ada buat itu karena Wordpress optimasinya bisa lebih bagus dari Blogger.

Kalo loe mau ada di halaman pertama Google yang harus loe lakuin buat konten atau postingan yang berkualitas. Bisa gw bilang 50% ini yang nentuin sisanya faktor lain-lain, cuma share aja kalo semua postingan di blog ini ga ada satu pun yang gw optimasi, terutama optimasi off page macam cari backlink gitu gak pernah gan kecuali artikel kontes tapi udah gw hapus semua. Backlink gw paling dari blog yang copasin isi postingan blog ini kalo ga ya dari yang pasang widget yang gw ulas disini. Gw cuma nulis asal tapi bermanfaat karena gw gak cari duit pake blog ini jadi istilah gw Blogging for Human :D.

Setelah baca ulasan gw di atas sekarang loe udah bisa nentuin kan mau pilih Blogger atau Wordpress. Keputusan ada di tangan loe gan, coba dulu masing-masing dan pilih yang terbaik. Sekian dulu untuk postingan kali ini semoga bermanfaat dan jangan lupa cuap-cuap di bawah walaupun gw jarang bales yang penting kan di publish jadi loe bisa numpang eksis di blog ini :D.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar