Iklan Tengah Artikel 2

Tips Belajar SEO Untuk Pemula Terbaik

hpk
SEO itu apa sih? Mungkin buat kalian yang baru-baru bloging agak bingung ya, wajar gan gw juga pas pertama ngeblog gak ngerti dan gak peduli sama yang namanya SEO. Setelah lama kelamaan gw mikir kenapa blog gw sedikit banget pengunjungnya dan gak bisa muncul di halaman pertama mesin pencari ( om Google ). Akhirnya gw browsing buat cari tau dan akhirnya ketemu juga ternyata faktor utamanya adalah SEO gan.

SEO itu kalo di bahasa kita adalah optimasi mesin pencari yang fungsinya ngoptimalin dan ningkatin jumlah dan kualitas pengunjung blog atau situs kita dari mesin pencari dan tujuan akhirnya nanti blog atau situs loe bakal ada di halaman pertama mesin pencari gan. Kalo udah nongol di halaman utama kan peluang buat dikunjungi semakin besar gan jadi blog loe bakal rame.

Terus gimana caranya biar blog atau situs kita jadi SEO?. Gw share sedikit tips yang paling penting buat SEO gan silahkan disimak.




Tips SEO Untuk Pemula



    1. Konten atau Postingan ( Asli dan Menarik )


    Dari pengalaman gw dan beberapa temen webmaster handal, konten ini jadi faktor utama gan. Mesin pencari khusunya om Google seneng sama yang namanya konten. Gw saranin buat konten yang menarik dan memberikan banyak informasi buat pengunjung blog atau situs kalian gan. Terus konten yang loe buat harus relevan sama blog atau situs loe, misal blog loe tentang masakan terus loe buat postingan tentang SEO kan gak nyambung gan dan peluang buat postingan loe bakal ada di halaman utama dibawah 50%.

    Usahain buat konten yang ada kaitanya sama kata kunci yang pengen loe optimalin gan. Jangan buat postingan cuma ngandalin copy paste. Kalo loe pengen copas usahain isi link back dari mana loe copas tu konten gan.

    Yang terakhir tetep update postingan loe minimal 1 postingan setiap bulan, lebih sering lebih baik gan.


    2. Judul ( Title Tag )


    Judul ini sangat penting gan karena dari judul bisa memberi tau si mesin pencari ato pengunjung tentang isi postingan loe. Jadi buat judul yang menarik dan relevan sama isi postingan dan berisi kata kunci yang mau di optimalkan. Usahain buat judul gak lebih dari 70 karakter gan.


    Title tag ada banyak dari h1 sampai h6 tapi gw saranin jangan pake h4, h5 dan h6 di postingan gan. Terus untuk h1 nya usahain cuma ada 1 buat fokusin si mesin pencari ke postingan loe.


    3. Link Antar Halaman ( Internal Link )



    Link antar halaman harus ada di setiap postingan buat ningkatin posisi postingan blog atau situs kalian di mesin pencari juga buat ngemudahin pengunjung pindah ke halaman posting yang lainnya gan. Usahakan buat link antar halaman yang relevan gan, misal postingan tentang makanan buat linknya juga ke postingan yang ada konten makanannya.


    4. Meta Tag ( Data )


    Ini yang paling banyak di optimalkan oleh pemula dan webmaster handal sekalipun bener gak gan? Kalu urusan SEO meta tag penting banget. Buat di Blogger kalian bisa nambahin meta tag secara manual.. Kalau di Wordpress pake aja plugin gan, yang bagus pluginya Seo Yoast ato bisa tambahin secara manual meta tagnya di header.php di bawah kode <title><?php bloginfo('name'); ?><?php wp_title(); ?></title> gan.


    Meta description harus ada di setiap postingan gan biar mesin pencari tau postingan kalian dan ningkatin posisi di halaman pencarian. Di Blogger caranya gampang setiap buat postingan inget di isi kotak kososng Search Description di samping kanan gan. Kalo di Woedpress udah ada fitur di pluginya, jadi tinggal di isi aja. Inget deskripsinya gak boleh lebih dari 160 karakter gan.

    Kalo mau buat meta tag pake meta tag generator aja gan.


    5. Backlink



    Backlink ini cara buat mengoptimalkan SEO secara off page gan. Setiap webmaster pasti pake cara ini walaupun prosesnya bakal lambat dalam mengoptimalin SEO. Gimana caranya dapet backlink? Banyak cara yang bisa kalian lakuin gan di antaranya :

    1. Submit blog atau situs kalian ke blog/website directory. Sebelum loe submit blog atau situs kalian cek dulu apa blog/website directory tersebut legal apa gak gan.Tempat submit blog yang paling terkenal dmoz gan.
    2. Sering-sering berkomentar di forum atau blog orang lain gan gak masalah walupun di isi nofollow siapa tau salah satu pengunjung forum atau blog tersebut ngeklik link loe kan nambah jumlah pengunjung blog gan.
    3. Buat postingan unik dan menarik biar ada pengunjung yang ngelink back ke postingan kalian.
    4. Tukeran link gan, sekedar info banyak webmaster melarang cara ini karena gak baik buat SEO dan bisa kena hukum Google. Tapi buat gw ini boleh aja dengan syarat sebagai berikut gan : » Loe harus tukeran link sama blog atau situs yang relevan. » Jangan tukeran link sama blog ato situs yang kebanyakan outbond link. » Jangan terima tukeran link dari email yang gak jelas. » Jangan tukeran link sama blog yang isi halamanya iklan semua. » Jangan sekali-kali tukeran link sama situs yang berbau pornografi atau pun judi. » Jangan berlebihan loe tukeran link, dijamin blog loe bakal di hukum kalo ketauan om Google.

    Backlink yang terbaik adalah one way link gan yang artinya link yang masuk ke blog atau situs kalian tanpa harus kalian pasang link mereka. Peringatan keras dari gw, jangan pernah sekali pun kalian beli backlink ntar loe di hukum sama om Google gan.



    6. Sosial Media


    Setiap buat blog atau situs selalu pasang tombol berbagi ke sosial media ato share button gan. Fungsinya buat ngemudahin pengunjung berbagi postingan loe ke sosial media, kalo mereka share postingan loe secara otomatis postingan loe bakal nongol di akun sosial media mereka dan bakal di liatin sama temen2nya dan peluang besar buat temen2nya buat ngnjungin blog ato situs kalian gan. Bisa baca postingan gw tentang cara buat share button melayang.

    Jadi intinya buat ningkatin jumlah pengunjung. Selain itu loe juga dapet backlink dari situs jejaring sosial yang gak perlu ditanya lagi PRnya berapa gan.


    7. Tampilan Blog atau Situs



    Tips yang terakhir dari gw gan adalah tampilan blog atau situs loe. Buat tampilan yang simpel tapi menarik kalo bisa hindari pake flash karena bakal ngeberatin blog kalian. Buat navigasi blog yang gampang buat pengunjung, jadi mereka gak susah buat nemuin postingan kalian.

    Jangan pasang banner iklan terlalu banyak karena bakal bikin pengunjung sebel, bayangin aja loe yang berkunjung ke blog yang penuh sama banner iklan apa gak sebel gan?


    Sekian tips dari gw semoga bisa memberi inspirasi buat kalian para pemula yang mau optimisasi SEO, kalo kalian punya tips lain silahkan di share disini. Jangan lupa berkomentar gan.



    (Author)


    Surya adalah seorang Penulis Blog dan Internet Marketer. Menyukai hal yang berkaitan dengan SEO. Hobinya maen PS dan Nonton Bola. Mulai menyukai dunia Webmaster sejak 2009.

    Pengen kenal lebih dekat dengan Surya follow @kuyax_20
    the cheapest car insurance cost of car insurance best car insurance quotes insurance auto insurance quotes car get car insurance quotes online car insurance agent instant car insurance quote car insurance websites direct car insurance insure a car motor car insurance quote cheap car insurance online quotes for car insurance car insurers commercial car insurance motor insurance quote car insurance quotes online get a quote online international health insurance compare car insurance quotes insurance for car compare car insurance car insurance buy life insurance online compare auto insurance international medical insurance general car insurance cheap motor insurance low car insurance car insurance comparison company car insurance budget car insurance private health insurance online quote car insurance cheap motor car insurance car insurance for new drivers cheap car insurance quotes online online car insurance quotes get car insurance quotes car insurance quotes comparison motor car insurance car insurance quotes car insurance cheap comprehensive car insurance best auto insurance short term health insurance motor insurance cheap online car insurance online motor insurance quotes car insurance california buycarinsurance online vehicle insurance free car insurance quotes landlord insurance health insurance for children motorbike insurance monthly car insurance car insurance usa car insurance reviews car insurance renewal quotes vehicle insurance health insurance rates term life insurance quotes vehicle insurance quotes car insurance compare motor vehicle insurance best car insurance motor insurance online quote car insurance online quote life insurance online supplemental health insurance best car insurance rates car insurance discounts motor vehicle insurance quotes auto insurance cheap travel insurance bike insurance travel medical insurance buy car insurance online online motor insurance travel insurance quote get a quote for car insurance health insurance agent car insurance companies cheap car insurance companies travel insurance annual travel insurance commercial vehicle insurance permanent life insurance medical insurance quotes online car insurance cheap car insurance quotes car insurance online quote insurance online level term life insurance health insurance comparison how much is car insurance travel health insurance pet health insurance quotes on cars health ins travel insurance uk quote for car insurance get insurance quote online disability insurance quote temporary health insurance temporary insurance rental car insurance cheap health insurance auto insurance compare third party car insurance buy health insurance auto insurance quotes cheap insurance companies best term life insurance personal health insurance online quote insurance car insurance premium health insurance policies quotes for cars whole life insurance credit insurance cheap van insurance cheap term life insurance cheap motorcycle insurance compare life insurance car insurance cover health insurance motorcycle insurance short term car insurance health insurance coverage insurance qoute cheap life insurance house insurance quote car insurance uk health insurance companies cigna health insurance cheap insurance cheap car insurance uk compare health insurance car insurance for young drivers short term insurance online health insurance caravan insurance life insurance comparison direct insurance health insurance plans motor insurance online car insurance estimator accident insurance home insurance quotes nj car insurance new car insurance private medical insurance home insurance car insurance brokers car insurance rates commercial insurance health insurance quotes motor insurance companies which car insurance car quotes online online auto insurance flood insurance cheap auto insurance quotes car insurance agencies business health insurance term life insurance truck insurance professional indemnity insurance life insurance car insurance policy long term care insurance drive insurance buy insurance car ins motorcycle insurance quote critical illness insurance term insurance student health insurance home insurance comparison insurance rates insurance cover holiday insurance insurance sites online vehicle insurance quotes company website home insurance rates compare insurance buy insurance online affordable medical insurance car insurance coverage product liability insurance home contents insurance buy life insurance renters insurance group health insurance family health insurance motor insurance quote online mortgage insurance best home insurance personal insurance medical insurance property insurance life insurance agent group insurance aetna health insurance cheap medical insurance liability insurance rental insurance life insurance policy group life insurance general liability insurance insurance quotes online all car insurance companies best health insurance insurance plans life insurance for seniors van insurance website quote universal life insurance building insurance co insurance insurance car car insurance prices disability insurance insurance vehicle cheap vehicle insurance senior life insurance medical insurance plans insurance health house insurance life insurance quotes car quotes cheap home insurance

    0 Response to "Tips Belajar SEO Untuk Pemula Terbaik"

    Post a Comment

    Iklan Atas Artikel

    Iklan Tengah Artikel 1

    Iklan Tengah Artikel 2

    Iklan Bawah Artikel

    close
    [ klik disini 1X ] [ close ]