Skip to main content

Alasan Kenapa Google Menghapus Blog Kita

Lagi pengen banget ngeliatin blog sendiri, tapi pas udah di buka ternyata blognya di hapus sama om Google. Bingung dan gak percaya masak iya sih, coba ngrefresh lagi tapi hasilnya sama. Apa pernah ngalami hal beginian gan? Saat pengen liat blog tapi yang muncul tulisan ini " Blog telah dihapus, Maaf blog di nama-blog-kita.blogspot.com telah di hapus. Alamat ini tidak tersedia untuk blog baru. "


Gimana rasanya gan? gak mungkin bahagia kan pasti loe sedih banget mungkin juga ampe nangis-nangis ya kan gan. Apalagi kalau blog yang di hapus berarti banget buat loe. Pasti juga bingung dan bertanya-tanya kenapa kok blog gw dihapus sama om Google? padahal gak ada yang salah dengan blog tersebut. Sesuatu terjadi pasti ada sebabnya gak mungkin tanpa sebab setuju gan.

Nah pada kesempatan kali ini gw pengen share dari apa yang gw tau, tentang alasan kenapa si om Google ngapus blog kita. Silahkan disimak dan dimengerti biar blog loe gak dihapus sama om Google gan. Inget jangan hanya di baca aja tapi di mengerti juga biar mudeng gan. Buat yang blognya masih aman-aman aja perlu baca juga, karena siapa tau ada diantara loe ngelakuin hal-hal yang bakal gw jelasin di bawah ini gan.



Alasan Kenapa Google Menghapus Blog Kita




Sebelumnya gw jelasin sedikit, alasan utama om Google ngapus blog adalah untuk membasmi spam dari mesin pencari atau produk yang dimiliki oleh Google. Makanya si panda dan si penguin di buat sama timnya om Matt Cutts, paham kan gan. Dan harus dipahami biasanya blog yang sudah dihapus gak akan bisa dikembalikan lagi walaupun loe nangis sambil merengek-rengek dan membuat berbagai alasan ke Google gan. Google gak perduli dengan blog spam walaupun blog loe bagus, PRnya tinggi, pengunjungnya banyak dll, karena di luaran sana masih banyak blog yang sama dengan blog loe inget ini gan.

Lanjut sekarang ke topik utama, inilah alasan kenapa om Google menghapus blog dari dunia perbloggingan selamanya.


1. Nyepam Pake Produknya Google



Ini merupakan hal yang paling sering menjadi penyebab sebuah blog di hapus gan. Tau kan apa aja yang termasuk jenis spamming gan. Contoh nyepam pake produknya Google ada banyak, gw kasi contoh beberapa diantaranya adalah
  • Ninggalin link di salah satu tempat yang kepunyaannya Google misal di Google forum dengan maksud dan tujuan gak jelas. Pengen hati biar blog jadi rame tapi yang di dapet malah blog dihapus. Sayang banget kan cuma gara-gara ngelakuin hal kecil yang bodoh gini bikin blog loe dihapus gan. Kalau emang mau pasang link di Google forum harus ada tujuannya, misal butuh bantuan apa gitu, terus ninggalin link blog loe biar member yang lain bisa tau itu gak masalah gan.
  • Komen spam di blog orang lain dengan tujuan nyari backlink. Ini sering banget dilakuin sama para blogger khususnya yang pemula gan. Bangun gan... sekarang tahun 2013, nyari backlink dari ninggalin link di komentar itu spam. Jangan maen-maen dan nganggep hal beginian remeh gan. Mungkin loe udah sering ngelakuin hal beginian, tapi ampe sekarang gak ada masalah dan hasilnya maknyus. Pikir lagi kalau pengen ngelanjutin cara beginian, karena kedepannya pasti bakal kena dampak negatifnya gan.
  • Buat banyak blog di blogger terus dihubungin yang satu dengan yang lainnya, dengan tujuan biar dapet rangking bagus di pencarian. Pasti di antara loe ada yang pernah ngelakuin ini ya kan gan? Ini tindakan spam dan bisa bikin blog loe dihapus gan. Mungkin sejauh ini masih aman, tapi loe tau kan om Google terus memperbaharui sistem algoritmanya. Lambat laun blog yang ngelakuin hal ini bakal kena getahnya gan percaya sama gw.
  • Memanipulasi rich snippet untuk tujuan menarik perhatian pengunjung. Ini yang kadang bikin gw sebel, loe pasti sering ngeliat di pencarian, blog yang rich snippetnya pake gambar cewek cantik dan seksi padahal nama authornya cowok ya kan gan. Terus ada bintang limanya ditambah jumlah pengulasnya bejibun ampe puluhan ribu. Coba loe pikir apa gunanya ngalakuin hal beginian, mungkin yang awam dengan dunia internet bisa ketipu, tapi yang udah sering berselancar di internet pasti tau. Jadi buat loe yang mungkin ngelakuin hal ini pikirin lagi akibatnya gan. Jangan maen-maen deh sama robotnya om Google dari pada nyesel di kemudian hari gan.


2. Isi Konten di Blog



Isi konten juga sering banget menjadi penyebab sebuah blog di hapus gan. Google gak suka sama blog yang isi kontennya melanggar aturan yang udah ditetapkan sama Blogger. Misal blog yang isi kontennya mengandung hal-hal yang berkaitan dengan SARA, kebencian, kasar, kekerasan dan hal-hal ilegal gan. Terus gimana sama konten dewasa? kalau konten dewasa itu boleh gan tapi ada syaratnya, jangan loe pernah buat blog berkonten dewasa buat nyari duit dan inget di seting kalau blog loe mengandung konten dewasa gan.

Hobi copas artikel orang laen tanpa ngerubah isi aslinya dan ngelinkback ke blog sumbernya. Blog yang isinya cuma hasil copas doank, umurnya gak bakal lama gan dijamin. Kalau loe emang tertarik sama artikel orang laen, silahkan aja di copas ke blog loe tapi dengan syarat di edit sebagian isinya dan di isi link sumbernya gan. Mungkin orang yang punya blog tempat loe copas gak marah tau isi blognya dicuri, tapi apa loe tau kalau dia gak bakal ngelapor ke om Google gan? Jadilah seorang blogger yang menghargai hasil karya orang laen, dengan gitu mereka juga bakal menghargai loe gan. Untuk lebih jelasnya tentang kebijakan konten dari Blogger loe bisa baca disini.


3. Software Otomatis ( Males )



Kadang disaat kita lagi males pasti pengen ngelakuin sesuatu secara otomatis bener gak gan? Tapi kalau mau ngeblog jangan sekali-kali pake software otomatis gan. Misal pake software pembuat postingan secara otomatis, kalau emang lagi males nulis mending gak usah buat postingan gak masalah gan dan gak ada juga yang bakal marah kalau loe gak buat postingan.

Gak masalah blog loe isi postingannya sedikit dan jarang di update asalkan isinya berkualitas gan. Gak bakalan di hapus sama Google, karena gw punya blog yang isi postinganya sedikit tapi isinya memberikan informasi berguna dan menarik buat pengunjung. Jadi gak ada alasan buat Google ngapus blog loe, kalau isi postingannya sedikit dan jarang update postingan tapi blog tersebut berkualitas dan menarik gan.

Masih banyak juga software otomatis lainnya yang bisa di pake buat di blog antara lain software otomatis buat ngeping, buat cari backlink, buat submit-submit dan yang laen-laen gan. Dengan make software-software beginian yang bisa bikin blog loe dihapus gan. Tinggalkan kebiasaan buruk pake software otomatis dari pada blog loe ntar dihapus sama Google gan.


4. Script Berbahaya



Hati-hati kalau pake script di blog, karena bisa-bisa blog loe dihapus sama Google gan. Gw pernah ngalamin ini, pas lagi nyoba-nyoba script tiba-tiba blog gw dihapus gan. Katanya blog gw di anggep spam dan mengandung malware. Untungnya itu blog emang khusus gw buat untuk uji coba dan belajar hal baru tentang kode-kode gan. Udah gw ajuin ke Google biar dikembaliin, tapi hasilnya tetep gak bisa dan lenyap selamanya gan.

Jadi kalau mau pasang script di blog di cek dulu sumbernya, apa ada demonya atau di coba di blog laen dulu sebelum dipasang di blog loe gan. Jangan ampe pengen buat blog tambah keren, tapi malah hasilnya dihapus sama om Google gan.


5. Backlink



Kalau denger yang namanya backlink pasti langsung kepikiran sama rangking blog ya kan gan. Bener banget kalau sampai detik ini backlink masih dominan untuk meningkatkan rangking blog kita. Terus kenapa backlink jadi alasan blog dihapus? Karena blog yang punya banyak backlink dengan kualitas rendah bakal kena dampak negatif dan yang paling parah dihapus sama Google, karena di anggap blog spam.

Jangan pernah ngiri sama blog yang punya banyak backlink bahkan ampe ratusan ribu gan. Karena belum tentu semua backlink tersebut berkualitas. Jadi gak perlu berburu backlink dimana-mana, fokus aja buat postingan yang menarik dan dijamin blog loe bakal nangkring di halaman pertama dengan jumlah pengunjung yang banyak walaupun tanpa punya banyak backlink.

Bicara backlink itu bukan dari jumlahnya tapi dari kualitasnya gan. Kalau mau tau cara dapet backlink alami bisa baca postingan gw sebelumnya tentang cara membangun link secara alami gan.



Nah itulah beberapa alasan kenapa Google menghapus sebuah blog gan. Sebenernya alasan-alasan di atas itu udah ada dan dijelasin di aturan-aturan yang dibuat sama Google gan. Jadi luangin waktu sesekali buat baca peraturan-peraturan yang di buat Google, jadi loe tau apa yang boleh dilakuin dan yang gak boleh dilakuin gan.

Buat kalian yang mungkin blognya pernah di hapus sabar aja, coba di inget apa loe pernah ngelakuin hal-hal yang gw jelasin di atas. Kalau pernah ya berarti emang loe salah dan gak usah marah atau protes ke Google, anggep ini sebuah pelajaran berharga buat kemajuan blog baru loe kedepannya. Gak jadi alasan juga buat kecewa sama Google dan loe harus pindah ke platform blog laen, karena menurut gw kalau buat ngeblog Blogger masih yang terbaik gan.


Sekian dulu yang bisa gw share, semoga postingan tentang alasan kenapa Google menghapus blog kita ini bermanfaat gan. Kalau mungkin loe punya alasan yang laen, silahkan di share juga disini gan. Dan jangan lupa buat ninggalin sepatah dua patah kata di bawah gan.


(Author)


Surya adalah seorang Penulis Blog dan Internet Marketer. Menyukai hal yang berkaitan dengan SEO. Hobinya maen PS dan Nonton Bola. Mulai menyukai dunia Webmaster sejak 2009.

Pengen kenal lebih dekat dengan Surya follow @kuyax_20
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar