Skip to main content

10 Hal Penting Setelah Menginstall WordPress

Buat pemula yang baru belajar menggunakan blog Wordpress self hosting pasti bingung apa yang harus dilakuin setelah menginstall Wordpress iya kagak gan? Itu hal wajar namanya juga pemula. Tujuan utama kita buat blog adalah buat sharing sesuatu ke orang lain di internet dan so pasti pengen blog kita nagkring di halaman depan om Google.


Pada postingan kali ini gw bakal share hal-hal penting yang mesti loe lakuin setelah menginstall Wordpress gan biar kedepanya blog loe aman dan lancar. Silahkan disimak baik-baik gan.



10 Hal Penting Setelah Menginstall WorPress




1. Ganti Username & Password



Pada saat loe menginstall Wordpress bakal dikasi nama sama password bawaan dari sononya, nama biasanya admin untuk password campuran angka sama huruf. Loe harus rubah tu nama sama passwordnya biar aman dan juga biar loe gak kelupaan sama passwordnya yang susah dihafalin gan.

Caranya dari Dashboard WP loe cari Users lalu pilih Add New gan. Tinggal di isi tu semua formnya sesuai selera loe kalo udah beres tinggal di klik Add New User. Abis itu loe delete aja nama admin yang lama gan.



2. Rubah Struktur Permalink



Permalink bawaanya Wordpress pake angka ID artikel misal www.contoh.com/?p=123 gak bagus ni buat SEO gan jadi loe musti ganti permalinknya. Caranya masuk Wordpress lalu di Dashboard pilih Settings dan klik Permalinks. Di permalinks loe centang Post names /%postname%/ gan, beres lalu Save Changes.



3. Aktifin atau Install Askimet



Pas pertama buat blog atau situs mungkin gak bakal ada komen2 spam gan tapi nanti pas blog loe udah banyak yang ngeklik dijamin komen spamnya bakal bejibun, nah buat nangkalnya loe aktifin tu plugin Askimet gan. Biasanya pas nginstall udah ada tapi tergantung installernya juga, kalo belum ada loe install dulu baru di aktifin.

Cara ngaktifinya dari Dashboard loe pilih Plugins lalu cari si Askimet dan klik Activate gan. Di halaman Askimet Configuration loe bakal disuruh masukin Askimet API Key. Buat dapetinnya loe klik aja Get key gan tinggal registrasi gampang ntar API key loe dikirim ke email. Kalo udah dapet tinggal isiin ke kotak kosongnya lalu klik Update options. Sekarang blog loe aman dari spam gan.



4. Install WordPress Database Backup



Yang ini penting gan buat backup database blog loe secara otomatis jadi gak perlu susah-susah loe backup dari cpanel ato client server. Loe harus rutin ngebackup database WP gan buat menghindari hal2 yang gak di inginkan misal database loe korup ato di delete sama servernya jadi isi blog loe gak ilang kan brabe kalo ampe ilang semua.

Loe bisa pake plugin WP-DB-Backup ato WP-DBManager gan. Tinggal di seting aja automatic scheduling backupnya ntar masukin aja alamat email loe biar kalo pluginya ngebackup loe bakal di email gan. Beres pluginya bakal kerja buat backup secara otomatis gan.



5. Upload Theme Wordpress Baru



Loe pasti pengen donk tampilan blog yang keren, sekarang saatnya upload theme pilihan loe gan. Kalo belum punya theme bisa cek theme WP gratis. Cara uploadnya gampang langsung dari dashboard aja lalu pilih Apperance dan klik Themes. Di halaman themes pilih tab Install Themes lalu klik upload gan. Sekarang tinngal di Browse aja theme yang udah loe download di komputer lalu klik Install Now terus tinggal dipilih theme yang udah di upload dan klik Activate gan.


Cuma sekedar saran gan, pilih theme yang sederhana dan bersih jangan yang banyak slidenya apalagi pake flash biar lebih SEO friendly.


6. Buat Homepage



Tujuan buat homepage biar situs loe jadi lebih profesional gan. Cara buat homepagenya cek disini gan.


7. Pasang Sosial Share Button



Peran sosial media buat SEO sangat penting banget gan jadi loe perlu pasang share button di blog WP. Biar pengunjung gampang share postingan loe ke sosial media dan imbasnya jumlah pengunjung bakal bertambah gan. Loe bisa pake plugin Digg Digg ato Sexybookmarks. Kalo mau pasang tanpa plugin tapi pake widget juga.


8. Buat Feed di Feedburner



Buat yang ini loe bisa baca tutorialnya disini.


9. Install Cache Plugin



Biar blog WP loe jadi cepet gan. Loe tinggal install cache plugin, yang paling populer loe bisa pake W3 Total Cache ato WP Super Cache gan. Kalo server loe lemot ato gratisan gw saranin pake Hyper Cache Extended.


10. Install SEO Plugin



Yang terakhir dan sangat berperan ngoptimalin SEO blog loe gan, dengan plugin ini hidup loe bakal lebih mudah. Si plugin bakal kerja buat blog loe biar ada di halaman utama mesin pencari gan. Tapi harus tetep loe inget kunci sukses SEO ada di isi postingan loe. Buat pluginya gw saranin pake WordPress SEO by Yoast gan, mantap banget ni plugin dijamin.



Sekian dulu share hal penting setelah menginstall Wordpress dari gw gan, semoga bermanfaat buat loe yang baru buat blog pake WordPress. Kalo punya tips seputar WordPress silahkan di share, dan jangan lupa komentarnya gan.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar